DAFTAR SEKARANG

5 Akibat Meninggalkan Sholat Lima Waktu, Termasuk Dosa Besar

6 Akibat Meninggalkan Sholat Lima Waktu, Termasuk Dosa Besar

Daftar Isi

Akibat meninggalkan sholat lima waktu adalah dosa besar. Orang yang dengan sengaja meninggalkan sholat lima waktu akan mengalami kerugian.

Sholat lima waktu merupakan ibadah yang wajib kita kerjakan. Allah SWT telah memberikan keringanan serta kemudahan untuk melaksanakannya. Sayangnya, tak sedikit yang masih melalaikannya.

6 Akibat Meninggalkan Sholat Lima Waktu, Termasuk Dosa Besar
pexels.com

5 Akibat Meninggalkan Sholat Lima Waktu

Supaya kita dapat terhindar dari murka Allah SWT, penting untuk memahami dampak buruk dari meninggalkan sholat lima waktu. Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Tidak Dikabulkannya Doa

Menunaikan sholat lima waktu adalah salah satu kewajiban fundamental dalam agama Islam. Melakukan sholat adalah cara bagi umat Islam untuk berkomunikasi dengan Allah SWT, serta memperkuat hubungan spiritual dengan-Nya.

Tidak menunaikan sholat memiliki konsekuensi yang serius, termasuk tidak dikabulkannya doa. Ketika seorang muslim mengabaikan kewajiban untuk menunaikan sholat, ia meninggalkan perintah Allah SWT.

Hal ini bisa berdampak negatif terhadap hubungannya dengan Allah dan ketidakpatuhan ini bisa menyebabkan doa-doa yang ia panjatkan tidak dikabulkan. Karena itu, penting bagi umat Islam untuk memahami dan mematuhi perintah Allah SWT, termasuk menunaikan sholat secara teratur.

Dalam agama Islam, doa adalah sarana utama untuk meminta pertolongan, petunjuk, dan rahmat Allah. Oleh karena itu, dengan menjalankan kewajiban menunaikan sholat, seorang muslim memperbesar peluang doanya dikabulkan, dan menjaga hubungannya dengan Allah tetap kuat.

2. Mendapatkan Balasan Neraka

Salah satu akibat meninggalkan sholat lima waktu dalam agama Islam adalah masuk ke dalam neraka. Dalam Al Quran, Allah SWT memperingatkan umat muslim tentang akibat buruk bagi mereka yang tidak menjalankan kewajiban sholat.

Dalam ayat-ayat Al-Quran, neraka Saqar disebut sebagai tempat bagi mereka yang meninggalkan sholat. Allah SWT menanyakan mengapa mereka masuk ke dalam neraka Saqar, dan mereka menjawab bahwa mereka dahulu termasuk orang-orang yang tidak melaksanakan sholat.

Firman Allah ini adalah peringatan serius bagi umat Islam tentang pentingnya menunaikan sholat dan menjaga ketaatan kepada Allah. Untuk menghindari risiko ini, penting bagi umat muslim untuk tetap istiqomah dalam menjalankan sholat lima waktu.

Penyesalan di akhirat tidak akan berguna, dan satu-satunya cara untuk menghindari konsekuensi ini adalah dengan taat menjalankan kewajiban sholat. Penjelasan terkait dimasukkan ke dalam neraka karena meninggalkan sholat, tertera dalam QS. Al-Mudatsir ayat 42-43.

3. Mendapatkan Siksa Kubur yang Sangat Pedih

Meninggalkan sholat juga membawa konsekuensi serius bagi seseorang di alam kubur. Allah SWT dalam agama Islam mengajarkan bahwa siksa kubur bisa menjadi lebih pedih bagi orang yang meninggalkan sholat dengan sengaja dan tanpa alasan yang sah.

Kuburan seseorang yang meninggalkan sholat akan menyempit dan menjadi gelap, menciptakan kondisi yang sangat mengerikan. Selain itu, konsekuensi meninggalkan sholat juga berlanjut hingga hari kiamat.

Orang yang meninggalkan sholat akan menghadapi hukuman yang sangat berat di akhirat. Oleh karena itu, menjaga sholat adalah suatu kewajiban yang sangat penting dalam Islam. Hal ini adalah peringatan tentang pentingnya menjalankan sholat dan menjaga hubungan yang kuat dengan Allah SWT agar terhindar dari konsekuensi yang mengerikan.

4. Termasuk Golongan Orang Kafir

Akibat meninggalkan sholat lima waktu tanpa alasan yang jelas adalah tindakan serius dalam Islam. Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW menjelaskan bahwa sholat adalah perjanjian antara seorang Muslim dan Allah SWT.

Dengan meninggalkan sholat, seseorang berisiko dianggap sebagai orang kafir. Hal ini telah dijelaskan dalam HR. Tirmidzi.

Pesan dari hadis ini adalah selalu menjaga ketaatan terhadap sholat sebagai kunci untuk mempertahankan keimanan. Selain itu, menjadi peringatan tentang betapa pentingnya sholat dalam kehidupan seorang muslim dan bahaya meninggalkannya tanpa alasan yang sah.

Termasuk orang kafir adalah konsekuensi berat yang harus dihadapi oleh seseorang yang dengan sengaja meninggalkan sholat. Islam mengajarkan pentingnya sholat sebagai kewajiban fundamental bagi setiap Muslim. Oleh karena itu, meninggalkan sholat dengan sengaja dapat mengakibatkan kehilangan status keimanan.

5. Dosa Besar

Meninggalkan sholat lima waktu bukan hanya berdampak pada kehilangan kebaikan ibadah, tetapi juga membawa konsekuensi dosa besar dalam Islam. Sholat merupakan kewajiban utama dan menunaikannya adalah tanggung jawab setiap muslim.

Jika seseorang dengan sengaja meninggalkan sholat, itu dianggap sebagai dosa besar. Imam Adz-Dzahabi menjelaskan tingkat dosa ini.

Menunda sholat dari waktunya saja sudah termasuk dosa besar. Meninggalkan sholat satu kali setara dengan berbuat dosa seperti zina dan pencurian.

Meninggalkan semua shalat lima waktu secara total juga dianggap dosa besar. Jika seseorang terus melakukannya tanpa bertaubat, ia akan terus melakukan dosa besar dan merugi di mata Allah.

Akibat meninggalkan sholat lima waktu menjadi peringatan tentang bahayanya meninggalkan sholat dan pentingnya menjaga ketaatan kepada Allah melalui ibadah sholat. Hal ini adalah upaya untuk menghindari dosa besar dan kerugian di dunia dan akhirat.

+ artikel

K.H Afifuddien Rohaly, Lc., S.H., M.M. adalah seorang cendekiawan Islam yang memiliki pendidikan formal dan non-formal yang luas serta pengalaman kerja yang beragam di berbagai bidang, termasuk pendidikan, keagamaan, dan manajemen. Beliau juga memiliki sertifikasi dalam berbagai bidang seperti kaligrafi, manajemen, dan sumber daya manusia. Dengan latar belakang yang kaya ini, K.H Afifuddien Rohaly berkontribusi dalam pengembangan pendidikan dan dakwah Islam di berbagai negara, menjadikannya figur yang dihormati dalam komunitas Islam internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dibuka Pendaftaran Santri Baru 2023-2024