DAFTAR SEKARANG

Cara Melembutkan Hati yang Keras Menurut Islam, Perlu Diterapkan

Cara Melembutkan Hati yang Keras Menurut Islam

Daftar Isi

Cara melembutkan hati yang keras menurut Islam terdapat beragam cara. Dalam agama Islam, memiliki hati yang keras bisa menganggapnya sebagai penyakit.

Hal tersebut bisa terjadi akibat berbagai macam faktor. Misalnya jika terlalu sering bermaksiat, pengaruh dari pergaulan, hingga rasa sombong dalam hati.

Padahal, Allah telah menciptakan manusia dengan rasa penuh kasih sayang. Sehingga melahirkan setiap manusia ke dunia dengan hati yang lembut. Untuk itu, hati yang keras ini perlu kembali sesuai fitrahnya.

Cara Melembutkan Hati yang Keras Menurut Islam
pixabay.com

Inilah Cara Melembutkan Hati yang Keras Menurut Islam

Terdapat banyak cara untuk meluluhkan hati seseorang yang keras layaknya batu. Hal tersebut yang sebagaimana dalam ajaran agama Islam.

Memang cukup sulit menerima penjelasan bagi orang yang memiliki hati beku. Padahal jika menjadi seseorang yang rendah hati serta berjiwa lembut akan membuat hidup terasa lebih tenang.

Sesama manusia, maka tidak boleh sombong serta tinggi hati. Sebab, saat menghadap Allah SWT derajatnya sama. Justru Anda perlu tawadhu’ sehingga merasa kurang daripada orang lain.

Dengan demikian, Anda bisa lebih peduli pada siapapun serta tidak mudah menyepelekan orang lain. Pasalnya, sangat penting bagi umat Muslim agar memiliki hati yang sehat setiap saat.

Alasannya, memang tidak ada satu manusia yang mengetahui kapan waktu meninggal dunia. Oleh karena itu, perlu mengetahui cara melembutkan hati yang keras menurut Islam berikut ini.

Membaca Alquran

Hal yang bisa Anda lakukan yakni salah satunya dengan membaca Alquran. Jika bisa melakukannya setiap hari serta sesering mungkin, maka hati bisa lembut. Sebab, Anda akan selalu teringat pada Allah SWT.

Pasalnya, tilawatil Quran yang akan membuat hati mudah bergetar serta memperoleh bisikan berupa petunjuk dari Allah SWT.

Berdzikir

Cara selanjutnya yakni Anda perlu senantiasa berdzikir. Cara ini juga termasuk satu upaya agar bisa mengingat Allah SWT dalam setiap kondisi.

Jika sering berdzikir, maka hati Anda akan menjadi lebih damai. Selain itu, juga tidak mudah tergoda dari kemilau harta yang terdapat di dunia. Namun, justru bisa lebih memikirkan mengenai akhirat kelak.

Mengingat Kematian

Jika seseorang mengingat akan kematian, maka Anda akan tergugah hatinya. Sehingga akan sering melakukan perbuatan baik saat masih memiliki kesempatan dalam hidup.

Kini cara agar mudah mengingat kematian yakni dengan selalu menyaksikan sakaratul maut. Dengan demikian, seseorang bisa tunduk di hadapan Allah SWT. Cara melembutkan hati yang keras menurut Islam perlu terus-menerus memohon ampunan pada Allah SWT.

Rajin Mengaji

Rajin mengaji bisa Anda lakukan dengan mengikuti pengajian di berbagai majelis. Dengan mendapatkan ilmu mengenai Islam, maka bisa menjadi cara melembutkan hati yang keras menurut Islam.

Selain itu, ada banyak teman baru dalam hubungan secara lebih positif. Sehingga mampu memberi energi baik untuk hati yang keras.

Perlu Anda ketahui, jika memiliki teman yang baik bisa memberi pengaruh baik. Demikian pula, jika memiliki serta berkumpul bersama teman dengan hati lembut. Tentu sangat memungkinkan jika hati Anda ikut menjadi lembut.

Berdoa

Cara melembutkan hati yang keras menurut Islam berikutnya yakni dengan berdoa. Berdoa agar bisa memohon ampunan pada Allah SWT. Selain itu, perlu banyak bersimpuh di hadapan Allah SWT juga akan membuat hati lembut.

Perlu Anda yakini bahwa Allah juga mampu membolak balikkan hati seseorang. Doa menjadikan suatu senjata seorang mukmin. Sehingga, jangan sampai umat Muslim melupakan urusannya dan tergantung Allah Ta’ala.

Sebaiknya memperbanyak berdoa pada Allah sehingga mendapat kemudahan dalam ketaatan serta kelembutan hati. Bahkan juga jauh dari rasa malas agar hati tidak menjadi mati. Rasulullah turut mengajarkan umat Muslim agar berdoa serta berlindung dari rasa malas.

Meminta Ampunan pada Allah

Meminta ampunan pada Allah bisa melalui doa setelah melakukan sholat, akan meluluhkan hati yang keras. Selain memohon ampunan, maka perlu berjanji tidak mengulangi perbuatan buruk di masa depan.

Sering Beramal

Cara melembutkan hati yang keras menurut Islam selanjutnya, Anda perlu berbuat amal baik dan bisa melalui banyak cara. Anda bisa mulai dengan sedekah untuk anak yatim dan memberi pertolongan untuk orang lain.

Selain itu, meminjamkan uang pada orang lain dan lain sebagainya. Jika melakukannya, maka akan tergugah hati Anda dan lebih mensyukuri nikmat yang ada.

Menyayangi Anak Kecil

Menyayangi anak kecil juga bisa membantu untuk melembutkan hati, khususnya anak yatim. Sebagai contohnya, Anda bisa mengajarkan anak-anak kecil TPA. Bahkan juga bisa berkunjung di panti asuhan serta mengajarkannya hal yang baik.

Berteman dengan yang Baik Agamanya

Sebaiknya Anda mencari kawan akrab yang memiliki agama baik. Sehingga saat sedang malas atau kondisi hati melemah, maka ada teman yang mengingatkan. Selain itu, menasehati serta kembali membawa Anda dalam majelis ilmu.

Demikian cara melembutkan hati yang keras menurut Islam untuk Anda terapkan. Semoga senantiasa mendapat kemudahan dalam beribadah serta jauh dari hati yang keras. 

 

+ artikel

K.H Maksum Badruzzaman, Lc. adalah seorang pendidik dan pemuka agama yang memiliki latar belakang pendidikan formal dan non-formal yang kuat. Dengan pengalaman sebagai ketua mahasiswa, pembimbing perjalanan ibadah, dan pemateri dalam kajian keagamaan, ia telah berkontribusi dalam berbagai bidang. Saat ini, sebagai pengasuh di Ponpes Vila Tahfiz Al Muyassar Puncak Bogor, ia terus berdedikasi dalam pembelajaran dan pengajaran agama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dibuka Pendaftaran Santri Baru 2023-2024