DAFTAR SEKARANG

6 Cara Memilih Teman yang Baik Menurut Islam, Jangan Asal

Daftar Isi

Cara memilih teman yang baik menurut Islam penting untuk kita terapkan. Islam adalah merupakan agama yang mengatur hubungan dengan jelas. Baik itu hubungan antara manusia dan Tuhan, manusia dan alam, hingga antar manusia.

Salah satu bentuk dari hubungan manusia dengan manusia yakni pertemanan. Pertemanan menjadi suatu hubungan yang positif. Sebab, berlandaskan dari ukhuwah islamiyah atau hubungan persaudaraan.

Sebaiknya umat Muslim perlu menjaga ukhuwah islamiyah. Hal tersebut yang sebagaimana sabda Rasulullah berikut.


Cara Memilih Teman yang Baik Menurut Islam

 

Jika menjalin pertemanan, maka seorang Muslim menjalin hubungan persaudaraan dan saling menguatkan satu sama lain. Hubungan sebagai ikatan yang kukuh dan bisa menguatkan iman serta taqwa masing-masing.

Selain menjalin pertemanan, Islam turut mengajarkan mengenai cara memilih teman. Sehingga Anda perlu memahami cara untuk memilihnya.

Inilah 6 Cara Memilih Teman yang Baik Menurut Islam

6 Cara Memilih Teman yang Baik Menurut Islam, Jangan Asal
pixabay.com

Manusia adalah makhluk sosial. Ini artinya, manusia memiliki insting serta fitrah saling bergantung satu dengan lainnya. Oleh karena itu, perlu menjalin hubungan sosial dengan baik. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan yakni melalui pertemanan.

Pertemanan bisa mempengaruhi sifat serta sikap seseorang. Sehingga Anda bisa mencoba memaknainya. Jika memiliki lingkungan pertemanan yang baik, maka akan semakin banyak ilmu, hikmah dan beragam manfaat lainnya.

Anda bisa memahami letak pentingnya dalam mempertimbangkan kualitas lingkungan pertemanan. Tentunya bukan hanya sebatas persoalan untuk memperbanyak pertemanan.

Rasulullah s.a.w turut memberikan pesan bahwa ukuran ketaatan seseorang bisa terlihat dari kualitas temannya.  Untuk itu, ketahui cara memilih teman yang baik menurut pandangan Islam. Adapun beberapa tipsnya, sebagai berikut.

1. Taat Beribadah

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, memilih teman yang baik dan taat beribadah adalah langkah penting. Teman yang senantiasa menghormati kewajiban ibadahnya akan memberikan pengaruh positif pada Anda. Ini adalah pertimbangan berharga, terutama jika Anda berusaha untuk memperbaiki kualitas ibadah.

Ketika Anda memilih teman yang taat beribadah, secara tidak langsung menciptakan lingkungan yang mendukung ketaatan dalam beribadah. Teman-teman seperti ini akan memotivasi Anda untuk menjadi pribadi yang lebih taat dalam menjalankan ibadah.

Dengan demikian, kualitas ibadah Anda akan meningkat. Maka, pilihlah teman yang selalu taat beribadah untuk mendukung perjalanan spiritual Anda. Ini adalah langkah penting menuju peribadatan yang lebih baik dan mendalam.

2. Mengedepankan Kejujuran

Cara memilih teman yang baik menurut Islam melibatkan prinsip-prinsip etika, dan salah satunya adalah kejujuran. Berbicara jujur adalah inti dari sebuah hubungan yang sehat dan hal ini juga berlaku dalam pertemanan.

Memulai dengan pondasi yang kuat, penting untuk memilih teman yang mampu berbicara jujur. Teman yang jujur sangat berharga, karena mereka akan memberikan manfaat besar bagi Anda.

Teman yang jujur dan berakhlak baik akan memberikan pandangan yang jujur mengenai hal-hal baik dan buruk. Selain itu, mereka akan membantu membentuk karakter dan jati diri Anda sesuai dengan ajaran Islam.

3. Bisa Menjaga Amanah dengan Baik

Perilaku amanah memiliki banyak manfaat yang signifikan, terutama saat Anda memilih teman menurut ajaran Islam. Amanah adalah salah satu sifat yang sangat dihargai dalam agama.

Dengan menjaga amanah, Anda akan memperlakukan dengan baik setiap amanah atau kepercayaan yang diberikan. Ini menciptakan perasaan aman dan nyaman saat Anda memberikan kepercayaan kepada seorang teman.

4. Bisa Mengajak pada Hal Positif

Cara memilih teman yang baik menurut Islam yakni bisa mengajak pada hal positif. Memilih teman memang tidak boleh secara sembarangan.

Teman bisa mengarahkan Anda kepada kebaikan atau menjerumuskan dalam kemaksiatan. Teman bisa menjadi alasan Anda untuk berubah menjadi lebih baik. Memiliki teman yang tepat membuat Anda melakukan hal kebaikan.

5. Teman yang Senantiasa Menjaga Silaturahmi

Saat membahas mengenai aspek pertemanan, maka Anda perlu memilih teman yang memiliki banyak faedah. Seperti halnya rutin dalam menjalankan silaturahmi.

Manfaat silaturahmi yakni bisa memperpanjang umur serta melapangkan rezeki. Untuk itu, pilih teman yang menciptakan kerukunan serta keharmonisan.

6. Teman yang Tidak Hasud

Pemilihan teman adalah keputusan yang memerlukan pertimbangan cermat, terutama dalam Islam. Dimana, teman yang bebas dari hasud (iri dengki) sangat dihargai. Teman yang tidak iri melihat kesuksesan dan prestasi Anda.

Teman yang tidak bersifat hasud adalah mereka yang tidak akan menjatuhkan Anda karena rasa iri. Meskipun banyak orang memiliki karakter tersendiri, Anda harus tetap waspada agar tidak terpengaruh oleh kebiasaan negatif mereka.

Dengan memahami pentingnya memilih teman yang bebas dari hasud, Anda akan membangun hubungan yang positif. Teman-teman yang baik dalam Islam saling mengingatkan akan kebaikan, mengajak menuju kebenaran, menjaga kesabaran, dan mempromosikan keadilan.

Pemilihan teman dengan bijak sesuai dengan ajaran Islam akan membawa berkah dalam hidup Anda. Karena itulah, terapkan selalu cara memilih teman yang baik menurut Islam.

+ artikel

K.H Fitri Priyanto, Lc., M.M., adalah seorang pendidik dan penceramah Islam yang berpengalaman dengan latar belakang pendidikan dari Indonesia dan Yaman. Dia telah menjadi pemateri di berbagai stasiun radio, pengajar di perguruan tinggi Islam, serta terlibat dalam kegiatan dakwah dan kemanusiaan. Sebagai pengasuh Ponpes Al Muyassar Boarding School, ia mendedikasikan dirinya untuk mendidik generasi muda dalam ajaran Islam. Fitri Priyanto juga memiliki pengalaman dalam pengelolaan yayasan dan lembaga pendidikan Islam.

One Response

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dibuka Pendaftaran Santri Baru 2023-2024