DAFTAR SEKARANG

6 Cara Menghormati Orang Tua Menurut Islam Wajib Dilakukan

Cara Menghormati Orang Tua Menurut Islam

Daftar Isi

Cara menghormati orang tua menurut Islam perlu untuk umat muslim lakukan. Pasalnya, memuliakan serta menghormati orangtua sebagai pedoman bagi umat muslim.

Terlebih jika berbuat baik pada ibu yang sudah telah melahirkan dan juga merawat sejak kecil. Perlu Anda pahami dengan memuliakan orang tua termasuk amalan penting yang harus dilakukan.

Bahkan seperti yang terkandung dalam Alquran maupun hadis. Oleh karena itu, umat muslim perlu mengetahui beberapa cara dalam memuliakan orangtua dengan baik.

Cara Menghormati Orang Tua Menurut Islam
pixabay.com

Inilah 6 Cara Menghormati Orang Tua Menurut Islam

Sebagai anak, tentu pernah terlintas dalam benak Anda mengenai cara menghormati dan mematuhi orang tua yang masih hidup. Berbuat baik untuk orang tua, yakni kepada ibu dan ayah menjadi akhlak sangat mulia.

Allah SWT yang mewajibkan bagi setiap umat agar berbuat baik kepada orang tua. Bahkan, tingkat keutamaannya jika berbuat baik kepada orang tua sangat tinggi.

Sehingga dalam Alquran juga tercantum perintah untuk menyembah Allah. Namun, juga diiringi dengan perintah untuk berbuat baik pada orang tua.

Jika anak tidak berbakti maupun durhaka dengan orang tuanya, maka ibadahnya juga tidak bisa menolongnya di akhirat kelak. Sebab, seorang anak telah melakukan dosa besar. Adapun cara menghormati orang tua menurut Islam yang benar, sebagai berikut.

1. Bersikap Rendah Hati

Faktanya, terdapat banyak godaan bagi seorang anak agar tidak memenuhi kewajiban untuk berbakti pada orangtua. Terlebih jika saat Anda sedang mengalami konflik dengan orangtua.

Mungkin akan muncul gejolak emosi dan membuat seseorang bisa berkata kasar. Selain itu, melakukan hal yang kemungkinan tidak orangtua sukai.

Sementara cara memuliakan orangtua dalam ajaran Islam, yakni perlu selalu bersikap rendah hati dan memiliki tutur kata yang baik.

Hal tersebut seperti yang tercantum surat Al Isra’ ayat 23 dan 24. Umat muslim mendapatkan perintah untuk berkata baik kepada orang tuanya serta melarang untuk membentaknya.

Sebaiknya anak perlu menjaga agar tidak mengeluarkan kata-kata yang buruk dari mulut. Terlebih jika sedang berbicara dengan orang tua. Pastikan menggunakan kata-kata secara lembut serta sopan yang bisa menentramkan hatinya.

Pasalnya sebagai seorang anak, seringkali melupakan hal tersebut. Sehingga ego serta emosi yang cenderung berlebihan pada diri anak muda. Bahkan sering mengalahkan akal maupun kasih sayang untuk orang tua.

Hal tersebut yang akan membuat Anda sering melakukan kesalahan dengan membantah serta membentak orang tua. Untuk itu, sebisa mungkin perlu menjaga emosi maupun selalu bersabar.

Anak harus bisa menjaga perkataannya serta ucapan jika berbicara dengan orang tua. Cara menghormati orang tua menurut Islam dengan berkomunikasi menggunakan kalimat positif serta sopan santun. 

2. Memprioritaskan Orang Tua

Menghormati orangtua menjadi hal yang sangat penting agar setiap anak bisa melakukannya. Salah satu cara menghormati orang tua menurut Islam, yakni dengan selalu berbuat baik kepada orang tua serta memprioritaskan kebutuhannya.

Sebaiknya anak mendahulukan kepentingan orangtua daripada kepentingannya sendiri. Perlu Anda ingat untuk menghormati serta mengutamakan kedua orangtua sebagai sumber keberkahan dari Allah. 

3. Mewujudkan Impian Orang Tua

Tentunya seorang anak perlu memahami bahwa orangtua yang sudah mengasuh serta membesarkan anak tanpa mengeluh. Bahkan turut mendukung berbagai macam hal yang terbaik.

Oleh karena itu, perlu selalu berbuat baik dan berusaha menyenangkan hati orangtua. Sebaiknya lakukan setiap perintah dan permintaan orangtua.

Anak perlu membahagiakan orangtua dan memberi dukungan sehingga bisa mencapai impian yang tertunda. Cara menghormati orang tua menurut Islam saat menjelang masa tua.

Anak perlu memperbanyak membantu orangtua untuk mewujudkan keinginannya yang mungkin kini belum tercapai. 

4. Melaksanakan Semua Perintah Orang Tua

Berbakti pada orangtua memang perlu seorang anak lakukan. Salah satu caranya, yakni dengan menghormati orang tua dengan melaksanakan semua perintahnya.

Selama orang tua Anda memberi perintah dan tidak bertentangan dengan aturan agama.  Sebagai anak perlu untuk mengikuti serta mematuhinya. Jika berbakti kepada kedua orang tua, maka sangat mempengaruhi kesuksesan anak-anaknya.

5. Merawat Orangtua yang Sudah Berusia Senja

Sebenarnya, ada amal yang lebih mulia yakni dengan memuliakan orang tua serta menyayanginya sampai akhir hayat.

Meski kini berkeluarga, maka anak juga tetap perlu berbakti pada kedua orangtuanya. Caranya dengan merawat orang tua yang sudah memasuki usia senja.

Meski sebenarnya tidak mudah untuk Anda lakukan, namun menjaga serta merawat orangtua menjadikan hal mulia. Bahkan juga akan mendapatkan ganjaran berlipat ganda dari Allah.

6. Menjaga Nama Baik Orang Tua

Menjaga nama baik dari orang tua juga menjadi salah satu cara yang menunjukkan bahwa kita menghormatinya. Sehingga anak akan selalu berbuat baik dengan siapa pun. Hal tersebut akan membantu dalam menjaga nama baik orang tua serta menjauhkan dari fitnah dunia.

Cara menghormati orang tua menurut Islam bisa Anda jadikan panutan yang baik. Sehingga anak perlu menjaga serta menyayanginya sebagaimana kasih sayang orang tua sejak kecil sampai sekarang.

 

+ artikel

K.H Fitri Priyanto, Lc., M.M., adalah seorang pendidik dan penceramah Islam yang berpengalaman dengan latar belakang pendidikan dari Indonesia dan Yaman. Dia telah menjadi pemateri di berbagai stasiun radio, pengajar di perguruan tinggi Islam, serta terlibat dalam kegiatan dakwah dan kemanusiaan. Sebagai pengasuh Ponpes Al Muyassar Boarding School, ia mendedikasikan dirinya untuk mendidik generasi muda dalam ajaran Islam. Fitri Priyanto juga memiliki pengalaman dalam pengelolaan yayasan dan lembaga pendidikan Islam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dibuka Pendaftaran Santri Baru 2023-2024