DAFTAR SEKARANG

Doa agar Anak Cepat Bicara Menurut Islam, Amalkan untuk Anak

Doa agar Anak Cepat Bicara Menurut Islam

Daftar Isi

Setiap orang tua sudah pasti menginginkan sang anak dapat melewati fase tumbuh kembang dengan lancar. Apabila orang tua ingin anak cepat berbicara, caranya dengan sering mengajak ‘ngobrol’ dalam berbagai kesempatan dan mengamalkan doa agar anak cepat bicara menurut Islam.

Selain dengan berbagai stimulasi orang tua, ada baiknya selalu memanjatkan doa kepada Allah SWT. Supaya anak bisa diberikan kemudahan untuk belajar berbicara hingga berjalan secara lancar di usianya.

Doa Agar Anak Cepat Bicara Menurut Islam, Amalkan untuk Anak
Pexels.com

Doa agar Anak Cepat Bicara Menurut Islam, Bisa Diamalkan Setiap Hari

Sebagai orang tua, kita pasti merasa khawatir bila anak agak lambat dalam berbicara. Tetapi, tidak perlu khawatir karena ada beberapa amalan dan doa yang dapat membantu perkembangan bicara anak.

Membacakan Asmaul Husna

Anda bisa membacakan Asmaul Husna saat menidurkan anak atau sesering mungkin. Karena Asmaul Husna ini dipercaya dapat membantu untuk menstimulasi perkembangan otak kanan dan kiri pada anak. Ada amalan atau perbuatan yang bisa Anda lakukan supaya anak cepat berbicara dengan benar.

Sebagai orang tua, kita ataupun kerabat dekat sering bercanda dengan anak menggunakan bahasa-bahasa yang lucu dan dalam bentuk tidak baku. Tanpa disadari, tindakan tersebut dapat anak tiru, sebab anak merupakan peniru yang andal.

Karena itu, akan lebih baik bila orang tua memberikan contoh kepada anak berbicara dengan bahasa baik sesuai ejaan. Dengan amalan dan doa agar anak cepat bicara menurut Islam tersebut, anak-anak akan mencerna, mengingat, dan meniru ucapan-ucapan yang benar dan baik.

Doa dari Q.S Thaha 25-28

Sebenarnya, tidak ada doa khusus supaya anak dapat segera berbicara yang diajarkan Rasulullah SAW. Hanya saja, seseorang dapat meminta supaya diberikan kelancaran dalam berucap melalui doa yang termaktub dalam Al-Quran Surat Thaha 25-28.

Doa ini merupakan doa yang dibaca oleh Nabi Musa saat Allah SWT mengutuskan menemui Fir’aun. Nabi Musa merupakan seorang nabi yang kurang fasih dalam berbicara. Karena itu, saat kecil ia mendapatkan tantangan dari Fir’aun yang merasa takut.

Fir’aun menghidangkan buah kurma merah dan api untuk Nabi Musa memilihnya saat ia kecil. Hal ini untuk membuktikan bahwa Nabi Musa adalah manusia biasa menurut Fir’aun dan bukan anak kecil yang membahayakan.

Nabi Musa memilih bara api lalu dikunyah sehingga lidahnya terbakar. Hal inilah yang menyebabkan Musa kurang fasih berbicara. Sehingga ia memanjatkan doa kelancaran untuk berbicara sebagai ‘senjata’ pada saat ia menjalankan tugasnya sebagai nabi.

Anda bisa membaca doa agar anak cepat bicara menurut Islam tersebut setiap setelah sholat fardhu sebanyak tiga kali, supaya anak dapat diberikan kelancaran dalam berbicara.

Doa Supaya Anak Diberikan Kemudahan Berbicara

Seorang hamba dapat memohon kemudahan atas kesulitan melalui sebuah doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Adapun berikut ini bacaan doanya:

Doa agar anak cepat bicara tersebut bisa diamalkan setiap dengan dimaksudkan untuk kelancaran sang buah hati berbicara. Sembari berdoa, para orangtua yang memiliki anak telah teridentifikasi lambat berbicara, maka dapat terus memperbanyak istighfar dan berikhtiar.

Tips Supaya Anak Lancar Berbicara

Selain amalan dan doa agar anak cepat bicara menurut Islam tersebut, ada beberapa tips yang bisa Anda coba supaya anak lancar berbicara, yakni:

Memperhatikan Kualitas Komunikasi

Orang tua juga perlu memperhatikan kualitas komunikasi dengan anak karena dapat berpengaruh kepada perkembangan sosial, otak, bahasa, dan emosional mereka. Kualitas komunikasi yang baik dapat membantu anak untuk membangun keterampilan komunikasi yang efektif.

Selain itu juga bisa membantu meningkatkan pemahaman sosial dan pola pikir positif. Bila anak kesulitan dalam pelafalan atau artikulasi, tetap dengarkan dengan penuh perhatian dan hindari koreksi yang terlalu keras.

Anda bisa modelkan ucapan yang benar tanpa menegur keras atau mengejek. Memahami bahasa dengan baik menjadi dasar penting dalam berkomunikasi dan belajar.

Ajak Anak Membaca Buku Cerita

Pada umumnya, buku cerita anak menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan sederhana. Membaca buku dapat memperkaya kosakata anak sekaligus untuk melatih mendengarkan dan berbicara. Anda bisa membacakan buku tentang nabi dan rasul, hewan, atau lainnya.

Membacakan setiap satu buku setiap hari dapat membuat anak mendapatkan banyak kosa kata. Daripada anak-anak yang semasa kecilnya tidak pernah Anda bacakan cerita, Anda bisa membacakan buku cerita anak di saat akan tertidur, Asmaul Husna, dan doa agar anak cepat bicara menurut Islam. 

Ajak Anak Lebih Banyak Mengobrol

Mengajak anak ‘ngobrol’ dengan bahasa yang baik dan benar dapat memperkaya penguasaan bahasa anak. Berbicara dengan anak juga dapat membantu membiasakan anak untuk berkomunikasi dengan orang lain. Sehingga kepercayaan diri anak akan meningkat bila sering diajak berbicara. 

Menghindari Berbicara dengan Bahasa Bayi

Berbicara dengan bayi perlu dilakukan dengan baik, caranya dengan menggunakan bahasa yang benar. Sebagai orang tua, terkadang kita tidak sadar menggunakan bahasa bayi. Bahasa tersebut bisa ditiru anak dan pada akhirnya anak justru tidak terbiasa berbicara dengan bahasa yang benar.

Selain membiasakan berkomunikasi dengan anak, sebagai orang tua, kita bisa mengamalkan doa agar anak cepat bicara menurut Islam setiap hari. 

+ artikel

K.H Fitri Priyanto, Lc., M.M., adalah seorang pendidik dan penceramah Islam yang berpengalaman dengan latar belakang pendidikan dari Indonesia dan Yaman. Dia telah menjadi pemateri di berbagai stasiun radio, pengajar di perguruan tinggi Islam, serta terlibat dalam kegiatan dakwah dan kemanusiaan. Sebagai pengasuh Ponpes Al Muyassar Boarding School, ia mendedikasikan dirinya untuk mendidik generasi muda dalam ajaran Islam. Fitri Priyanto juga memiliki pengalaman dalam pengelolaan yayasan dan lembaga pendidikan Islam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dibuka Pendaftaran Santri Baru 2023-2024