DAFTAR SEKARANG

Doa Saat Perjalanan Jauh Menurut Islam Lengkap dengan Artinya

Doa Saat Perjalanan Jauh Menurut Islam Lengkap dengan Artinya

Daftar Isi

Doa saat perjalanan jauh menurut Islam bisa Anda baca sebelum melakukan perjalanan. Bagi Anda seorang muslim, sudah sewajarnya untuk mengawali dan mengakhiri segala aktivitas dengan berdoa.

Terlebih ketika hendak melakukan perjalanan jauh, baik itu menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Saat mengawalinya dengan doa, harapannya kita akan selamat sampai tujuan dan terhindar dari bahaya di perjalanan.

Sehingga kita akan merasa lebih tenang dan nyaman saat perjalanan jauh tersebut.

Doa Saat Perjalanan Jauh Menurut Islam Lengkap Dengan Arti
unsplash

Bacaan Doa Saat Perjalanan Jauh Menurut Islam

Melafalkan doa ketika hendak bepergian dengan jarak yang jauh memiliki maksud supaya perjalanan lancar dan tenang. Kemudian, dengan berdoa harapannya agar kita selamat dari berangkat hingga sampai di tujuan.

Rasulullah SAW dahulu kerap sekali membaca doa saat akan melakukan perjalanan jauh. Sehingga kebiasaan beliau patut untuk kita teladani hingga saat ini.

Untuk itu, sebelumnya perlu kita kenali dulu beberapa doa untuk perjalanan yang bisa kita baca ketika hendak berangkat. Berikut inilah beberapa referensi doa perjalanan jauh yang bisa Anda lafalkan.

Doa Perjalanan Jauh Versi Pertama

Menurut buku Doa dan Zikir Mustajab untuk Muslimah karya H. Muhammad Rahmatullah, Abdullah bin Sarjis pernah meriwayatkan jika Rasulullah SAW hendak bepergian jauh, maka beliau membaca doa terlebih dahulu seperti berikut ini.

Doa Perjalanan Jauh Versi Kedua

Kemudian, selain doa pertama, terdapat doa lainnya yang berasal dari Riwayat Muslim. Doa ini tertulis dan dijelaskan pada buku 101 Pesan Rasulullah untuk Anak Saleh. Buku ini merupakan karya Wulan Mulya Pratiwi. Berikut ini lafal dan arti dari doa saat perjalanan jauh menurut Islam tersebut.

Doa Perjalanan Jauh Versi Ketiga

Riwayat lain pada Kitab Sunan Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan an-Nasa’i dengan sanad yang shahih dari Ali bin Rabi’ah. Sahabat Ali bin Abi Thalib pernah melafalkan basmalah ketika naik kendaraan saat hendak bepergian jauh. Kemudian, saat ia tengah duduk, ia melanjutkan dengan membaca doa berikut.

Doa Perjalanan Jauh Versi Keempat

Selain tiga doa di atas, masih ada doa lainnya yang bisa Anda baca sebelum berangkat perjalanan. Menurut buku Bekal Safar hasil tulisan Ustadz Abu Abdil A’la Hari Ahadi, terdapat doa dalam melakukan perjalanan jauh. Inilah doa saat perjalanan jauh menurut Islam yang tercantum dalam buku tersebut.

Doa Perjalanan Jauh Versi Kelima

Selanjutnya, ada referensi lain yang sering banyak orang lafalkan ketika hendak bepergian jauh. Doa ini diyakini merupakan ajaran dari Nabi Muhammad SAW ketika hendak melakukan perjalanan. Berikut ini bacaan dan arti dari doa tersebut.

Ibadah Selama Perjalanan

Selain berdoa ketika hendak bepergian, kita sebagai umat muslim sangat dianjurkan untuk memperhatikan aspek lainnya. Setelah mengetahui beberapa doa saat perjalanan jauh menurut Islam. Jangan sampai melupakan persiapan lain ketika hendak melakukan perjalanan jauh. Mulai dari perbekalan, kesehatan, dan ibadah.

Selama perjalanan, penting untuk menjalankan kewajiban agama, seperti sholat fardhu. Tentunya sebisa mungkin sesuai dengan kemampuan dan situasi perjalanan. Menjaga komitmen pada ibadah adalah penting dalam Islam. Sehingga memperhatikan waktu sholat dan melaksanakannya adalah bagian dari tanggung jawab dalam perjalanan.

Niat dan Tujuan yang Jelas

Dalam Islam, setiap tindakan harus memiliki tujuan yang jelas dan baik. Sebelum melakukan perjalanan jauh, seseorang sebaiknya memiliki tujuan yang positif dan jelas untuk pergi.

Tujuan ini dapat mencakup beribadah, bekerja untuk menyokong keluarga, belajar, atau menjalankan tugas-tugas yang baik bagi masyarakat atau umat Islam. Jangan sampai kita pergi jauh namun tanpa mempunyai tujuan apapun. Hal ini akan nampak sia-sia apabila tanpa niat yang jelas.

Keamanan dan Kesejahteraan

Keselamatan dan kesejahteraan selalu menjadi prioritas dalam Islam. Sebelum berangkat, pastikan bahwa perjalanan Anda aman dari segala hal, termasuk kesehatan, transportasi, dan keamanan pribadi.

Mengambil langkah-langkah untuk memastikan perjalanan yang aman adalah tindakan bijak dan sesuai dengan ajaran Islam. Hal ini untuk menjamin keselamatan maupun kesejahteraan bagi Anda dan keluarga yang Anda tinggalkan.

Sikap Hormat dan Ketaatan

Selain membaca doa saat perjalanan jauh menurut Islam, penting untuk tetap menjaga akhlak dan sikap hormat terhadap orang lain. Terutama jika Anda berada di negara atau lingkungan yang berbeda.

Anda juga harus mengikuti hukum setempat dan aturan perjalanan. Ini mencerminkan prinsip-prinsip Islam tentang tata krama dan etika dalam interaksi sosial. Sehingga penting bagi Anda untuk selalu menjaga sopan santun dan etika di dalam perjalanan.

Berbagi Ilmu dan Pengalaman

Islam menganjurkan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dari perjalanan Anda dengan orang lain. Khususnya tentang pengetahuan yang bermanfaat secara umum. Dengan saling berbagi informasi dan wawasan selama perjalanan dapat memberikan manfaat kepada sesama serta membantu dalam pertumbuhan pengetahuan.

Demikianlah beberapa referensi doa saat perjalanan jauh menurut Islam. Kemudian, selain berdoa, penting untuk kita dalam menyiapkan berbagai aspek sebelum bepergian jauh. Mulai dari kesiapan mental, bekal, kesehatan, dan tidak lupa tujuan yang jelas.

+ artikel

K.H Fitri Priyanto, Lc., M.M., adalah seorang pendidik dan penceramah Islam yang berpengalaman dengan latar belakang pendidikan dari Indonesia dan Yaman. Dia telah menjadi pemateri di berbagai stasiun radio, pengajar di perguruan tinggi Islam, serta terlibat dalam kegiatan dakwah dan kemanusiaan. Sebagai pengasuh Ponpes Al Muyassar Boarding School, ia mendedikasikan dirinya untuk mendidik generasi muda dalam ajaran Islam. Fitri Priyanto juga memiliki pengalaman dalam pengelolaan yayasan dan lembaga pendidikan Islam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dibuka Pendaftaran Santri Baru 2023-2024