DAFTAR SEKARANG

Kata Bijak Rumah Tangga Islami yang Penuh dengan Makna

Kata Bijak Rumah Tangga Islami

Daftar Isi

Kata bijak rumah tangga Islami berikut ini bisa menjadi motivasi untuk menjaga hubungan suami istri dan keharmonisan rumah tangga. Pernikahan merupakan ikatan dua manusia untuk hidup bersama dan saling menyayangi selamanya.

Karena itu, menikah merupakan sebuah keputusan besar yang diambil oleh pihak laki-laki maupun pihak perempuan.

Menikah bukan hanya menyatukan dua hati menjadi satu, namun juga menyatukan pemikiran serta karakteristik dua orang yang berbeda. Karena itu dalam kehidupan pernikahan tentunya juga tidak terlepas dari berbagai persoalan. Hal tersebutlah yang menjadi tantangan bagi suami istri untuk mempertahankan keutuhan rumah tangga mereka.

Suami istri harus bisa menyelesaikan permasalahan yang ada dengan kepala dingin dan berdiskusi bersama. Agar tidak ada masalah yang bisa menyebabkan keretakan rumah tangga mereka.

Dengan begitu mereka bisa terus menjalani kehidupan rumah tangga yang harmonis dan menjadi pasangan suami istri yang taat di jalan Allah agar mendapat berkah dari-Nya.

Kata Bijak Rumah Tangga Islami
pexels.com

Kumpulan Kata Bijak Rumah Tangga Islami

Membangun hubungan rumah tangga yang harmonis haruslah dilandasi dengan rasa saling mencintai, menjaga, melindungi, membantu dan saling menenangkan. Suami dan istri harus saling membantu dan tidak mementingkan keegoisan salah satu pihak.

Sebab keduanya adalah pemegang kendali dalam keharmonisan keluarga, bukan hanya salah satunya saja.

Sang suami memiliki tanggung jawabnya, begitu pula dengan istri yang juga memiliki tanggung jawab. Dengan kombinasi keduanya, memiliki rumah tangga yang harmonis dan langgeng sampai maut memisahkan bukan menjadi hal yang sulit.

Berbeda jika salah satu pihak baik istri maupun suami tidak bertanggung jawab untuk menjaga rumah tangganya.

Pastinya kehidupan rumah tangga keduanya lebih mudah hancur dan tidak harmonis bahkan bisa berujung pada perceraian. Hal tersebut tentunya sangat tidak baik, apalagi Allah SWT juga sangat membenci perceraian. Karena itulah penting bagi pasangan suami istri untuk terus menjaga keharmonisan rumah tangga mereka bersama.

Nah, untuk menuju rumah tangga yang harmonis Anda bisa menggunakan kata bijak rumah tangga Islami atau kata mutiara sebagai motivasi dan penenang hati. Berikut ini adalah beberapa contoh dari kata bijak tersebut:

Kata Bijak untuk Suami Istri

Berikut adalah kata bijak rumah tangga Islami untuk suami istri:

  • Pasangan suami dan istri haruslah berperan seperti dua sayap pada seekor burung. Keduanya harus bekerja sama untuk terbang atau pernikahan mereka tidak akan pernah sampai pada tujuan.
  • Salah satu jalan terindah untuk beribadah ke Allah SWT adalah melalui pernikahan.
  • Jika pasanganmu marah maka kamu harus tenang. Jika yang satu api maka yang lainnya haruslah air.
  • Pasangan digambarkan sebagai pakaian untuk satu sama lainnya. Artinya mereka adalah pelindung antara satu sama lain. Mereka saling memenuhi dan menutupi kekurangan serta ketidaksempurnaan satu sama lain.
  • Ketika pasangan suami istri saling memandang dengan penuh cinta, maka Allah memandang keduanya dengan kasih sayang.
  • Menikah adalah proses menerima kekurangan pasangan yang tidak kamu temui ketika ta’aruf dengannya.

Kata Bijak Istri

Berikut kata bijak rumah tangga Islami untuk istri:

  • Istri shalihah adalah ia yang taat kepada suaminya dan melaksanakan segala perintah Allah SWT dan RasulNya.
  • Jangan pernah memberitahukan hal buruk tentang suamimu kepada orang lain.
  • Istri yang paling beruntung yaitu ia yang dikaruniai Allah seorang suami penyabar, penyayang, suka menolong, penuh kelembutan dan berhati tulus. Ketika ia pergi maka istri merindukan dan ketika ia ada, istri ingin terus berdekatan.
  • Suamiku mungkin tidak sempurna, namun ia sangat sempurna di mataku.
  • Istri yang shalihah adalah ia yang tidak pernah menunjukkan kecantikannya selain di depan suaminya sendiri.
  • Suamiku, bertaqwalah kepada Allah SWT dan janganlah engkau memberi kami makan kecuali yang halal. Karena sungguh kami bisa bersabar atas makanan yang sedikit namun tidak dengan panasnya api neraka di akhirat.

Kata Bijak Suami

Berikut kata bijak rumah tangga Islami untuk suami:

  • Suami yang saleh adalah ia yang bisa membimbing istrinya ke jalan yang diridhai oleh Allah SWT dan Rasul-Nya.
  • Pernikahan yang sukses bukanlah ketika kamu dapat menjalani kehidupan damai dengan istrimu, akan tetapi ketika kamu tidak bisa hidup sampai tanpanya.
  • Suami yang baik akan menyeka air mata istrinya dan suami yang hebat akan mendengarkan cerita yang membuat istrinya menangis.
  • Sakinah, mawadah dan rahmah tidak akan muncul dengan sendirinya. Namun harus diusahakan bersama istri.
  • Wanita itu ibarat bunga, ia harus diperlakukan dengan lembut, baik hati dan penuh kasih sayang.
  • Jika surga itu setangkai bunga maka aku akan memasakkannya untukmu. Jika surga itu seekor burung, maka aku akan menangkapnya untukmu. Jika surga itu sebuah rumah, maka aku akan memabangunnya untukmu. Namun karena kita tidak pernah melihat surga sesungguhnya maka aku akan berdoa kepada Allah SWT supaya menyiapkan surga untukmu.

Pedoman Menjalani Rumah Tangga

Rumah tangga dalam Islam memiliki peran penting dalam membangun masyarakat yang kuat dan harmonis. Berikut beberapa kata bijak rumah tangga Islami atau nasihat Islami yang dapat menjadi pedoman dalam menjalani rumah tangga:

  1. Takwa kepada Allah: “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah, dan katakanlah perkataan yang benar.” (QS. Al-Ahzab [33]: 70). Makna dari kata bijak rumah tangga Islami tersebut yaitu takwa kepada Allah adalah landasan utama dalam membangun rumah tangga yang Islami.
  2. Kepemimpinan yang Adil: “Dan mereka (para suami) mempunyai hak sebagaimana kewajiban menurut cara yang ma’ruf. Dan para wanita (memiliki hak) seperti itu pula atas mereka dengan yang ma’ruf.” (QS. Al-Baqarah [2]: 228). Maksud kata bijak rumah tangga Islami ini adalah suami dan istri harus saling menghormati dan menjalankan peran masing-masing dengan adil.
  3. Kesabaran dan Tolong-menolong: “Dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan dan dalam waktu susah, dan pada saat peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (iman) mereka; dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Baqarah [2]: 177). Kesabaran dalam menghadapi cobaan dan saling membantu dalam situasi sulit adalah kunci keberhasilan dalam rumah tangga.
  4. Komunikasi yang Baik: “Katakanlah kepada hamba-hamba-Ku yang beriman: Hendaklah mereka mendirikan sholat, dan hendaklah mereka menunaikan zakat dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka secara sembunyi maupun terang-terangan, sebelum datang hari yang pada waktu itu tidak ada jual beli dan tidak ada persahabatan.” (QS. Ibrahim [14]: 31). Komunikasi yang baik dalam rumah tangga melibatkan berbicara dengan lembut dan saling mendengarkan.

Itulah beberapa kata bijak rumah tangga Islami yang sangat indah dan bermakna. Anda bisa menjadikannya motivasi untuk membangun rumah tangga yang harmonis dan langgeng.

+ artikel

K.H Syaefudin, M.Pd.I adalah seorang ulama yang telah mendalami pendidikan formal dan non-formal dalam agama Islam. Dengan pengalaman beragam, seperti menjadi pemimpin pondok pesantren, pengajar, dan pembimbing haji, ia telah berkontribusi dalam menyebarkan ajaran Islam serta mendidik generasi muda. Selain itu, K.H Syaefudin juga memiliki pengalaman dalam media dan dakwah, menjadikannya sosok yang berperan penting dalam pengembangan keilmuan Islam dan pendidikan agama di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dibuka Pendaftaran Santri Baru 2023-2024