DAFTAR SEKARANG

4 Arti dan Pertanda Kucing Datang ke Rumah Menurut Islam

kucing datang ke rumah menurut Islam

Daftar Isi

Ternyata, kucing datang ke rumah menurut Islam itu mempunyai makna yang sangat baik untuk penghuni rumah. Jadi, ketika rumah Anda didatangi oleh kucing, jangan langsung diusir, apalagi sampai dilempari batu.

Lantas, apa arti kedatangan kucing ke rumah tersebut? Nah, jika Anda penasaran, silahkan simak berikut ini.

kucing datang ke rumah menurut Islam
pinterest

Arti Kucing Datang ke Rumah Menurut Islam

Biasanya, kucing yang tiba-tiba masuk ke dalam rumah beranggapan jika rumah tersebut nyaman untuk dijadikan tempat singgah. Di dalam ajaran Islam pun, kedatangan kucing ke dalam rumah juga mempunyai pesan yang positif untuk penghuni rumah. Namun, terkadang ada beberapa penghuni rumah yang tidak suka dengan kehadiran kucing tersebut.

Mereka cenderung beranggapan bahwa kucing tersebut akan mengotori rumah atau buang air sembarangan di sekitar rumah. Alhasil, mereka langsung mengusirnya dengan sapu atau bahkan ada yang tega melemparinya dengan batu.

Seperti yang kita ketahui, kucing menjadi salah satu hewan peliharaan yang disayangi Nabi Muhammad SAW. Kucing piaraan Rasulullah SAW mempunyai nama yakni Muezza. Selain itu, sejumlah hadits juga menjelaskan bahwa hewan seperti kucing tidaklah najis.

Jadi, walaupun mereka menginjakkan kakinya ke dalam rumah atau merontokkan bulunya, tidak akan membuat tempat tersebut najis. Bahkan, air bekas minum kucing di dalam sebuah ember atau bak juga masih bisa Anda pakai untuk berwudhu.

Hal tersebut juga dijelaskan dalam hadist sebagai berikut ini:

Di sekeliling kita tentunya ada banyak sekali kucing liar, bahkan bisa tiba-tiba datang ke rumah. Karena kucing yang datang ke rumah mempunyai pertanda baik menurut Islam, maka sebaiknya Anda memberikan makanan walaupun tidak banyak. Dengan begitu, mereka akan merasa senang dan nyaman karena telah singgah di rumah Anda.

Pertanda Baik Kucing Datang Ke Rumah Dalam Islam

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kucing liar yang datang ke dalam rumah menurut Islam memanglah membawa pertanda yang bagus. Berikut ini sejumlah pertanda baik kucing datang ke rumah menurut Islam yang bisa Anda perhatikan.

1. Kucing Merasa Nyaman Datang Ke Rumah Pilihannya

Biasanya, kucing liar cenderung lebih takut jika berada di dekat manusia, apalagi pergi ke tempat tinggal seperti rumah. Jika rumah Anda tiba-tiba didatangi kucing liar, kemungkinan kucing tersebut merasa nyaman dan menjadikan rumah Anda sebagai tempat singgah.

Mereka juga cenderung merasa bahwa rumah Anda merupakan tempat yang aman untuk berteduh. Selain itu, kucing datang ke rumah menurut Islam bisa jadi karena mereka juga merasa senang dengan penghuni rumahnya karena mempunyai aura yang positif.

2. Memberikan Keberkahan dan Pahala Berlipat

Allah SWT akan selalu memberikan keberkahan dan juga pahala yang berlipat ganda bagi manusia yang sangat menyayangi hewan. Hal tersebut juga disebutkan dalam sabda Rasulullah SAW yakni sebagai berikut.

 

Kucing datang ke rumah menurut Islam membawa pertanda bahwa adanya rezeki serta pahala melalui perantara kucing tersebut. Sehingga, Anda jangan menyia-nyiakan kucing liar yang datang ke rumah atau bahkan mengusirnya dengan kasar.

3. Sebagai Isyarat untuk Berbagi Rezeki

Kucing liar yang tiba-tiba datang ke rumah juga membawa sebuah pesan bahwa sebagai manusia kita harus berbagi rezeki, baik kepada sesama maupun hewan. Sebab, kemungkinan penghuni rumah mempunyai rezeki berlimpah dari Allah SWT.

Dengan adanya kucing liar, bisa menjadi pesan dari Allah SWT untuk berbagi rezeki kepada kucing. Setidaknya, Anda bisa memberi kucing liar tersebut sedikit makanan sebelum mereka pergi lagi.

Berbagi rezeki kepada sesama makhluk Allah SWT adalah tindakan yang sangat mulia. Bahkan, Allah akan melipat gandakan rezeki karena sudah ikhlas memberi.

Kucing datang ke rumah menurut Islam ini merupakan pertanda bagus, bukan? Anda jangan menyia-nyiakan kucing tersebut dengan cara yang kasar. Jika Anda tidak suka dengan kucing, setidaknya suruh mereka pergi dengan cara baik-baik tanpa harus bersikap kasar.

4. Berusaha Melindungi Penghuni Rumah

Di dalam Islam juga menyebutkan bahwa kucing juga bisa melindungi penghuni rumah yang didatanginya. Seperti yang kita ketahui, kucing mempunyai keberanian untuk bertarung melawan hewan buas seperti ular.

Sehingga, hal tersebut akan mencegah masuknya hewan buas seperti ular ke dalam rumah. Kucing sering berkeliling rumah untuk  berjaga-jaga dan mengusir aura negatif atau ancaman binatang di sekitar rumah supaya penghuninya tetap aman.

Itulah sejumlah pertanda kucing datang ke rumah menurut Islam yang bisa kamu ketahui. Bisa disimpulkan bahwa, kucing liar yang tiba-tiba singgah di rumah kita dapat membawa pertanda yang baik. Kucing-kucing tersebut memilih rumah Anda untuk menjadi tempat singgah karena merasa senang dan nyaman. Sebagai umat muslim yang baik dan cinta binatang, setidaknya beri rezeki seperti makanan. Dengan begitu, Anda juga akan mendapatkan banyak keberkahan dari Allah SWT.

+ artikel

K.H Syaefudin, M.Pd.I adalah seorang ulama yang telah mendalami pendidikan formal dan non-formal dalam agama Islam. Dengan pengalaman beragam, seperti menjadi pemimpin pondok pesantren, pengajar, dan pembimbing haji, ia telah berkontribusi dalam menyebarkan ajaran Islam serta mendidik generasi muda. Selain itu, K.H Syaefudin juga memiliki pengalaman dalam media dan dakwah, menjadikannya sosok yang berperan penting dalam pengembangan keilmuan Islam dan pendidikan agama di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dibuka Pendaftaran Santri Baru 2023-2024