DAFTAR SEKARANG

Memilih Hari Baik Pindah Rumah Menurut Islam, Anda Perlu Tahu

Memilih Hari Baik Pindah Rumah Menurut Islam Anda Perlu Tahu

Daftar Isi

Dalam Islam, sebenarnya tidak ada hari tertentu yang baik untuk pindah rumah. Karena, selagi melakukan pindahan dengan niat baik, maka setiap hari merupakan hari yang berkah untuk seseorang. Akan tetapi, tetap bisa memilih hari baik pindah rumah menurut Islam.

Ada banyak persiapan yang perlu dilakukan sebelum Anda memutuskan pindah rumah. Mulai dari memilih berbagai dekorasi, perabotan, mengurus dokumen, hingga mengatur kebutuhan lainnya.

Memilih Hari Baik Pindah Rumah Menurut Islam Anda Perlu Tahu
Pexels.com

Cara Memilih Hari Baik Pindah Rumah Menurut Islam

Saat ingin pindah Rumah, Anda bisa melakukannya kapan saja sesuai kebutuhan dan kesepakatan Anda dan keluarga. Ajaran Islam memandang bahwa semua hari itu baik. Tidak ada ketentuan spesifik mengenai hari apa yang baik  pindah rumah menurut islam.

Ada bulan-bulan tertentu yang diyakini baik untuk pindah rumah menurut kalender Hijriah . Hari pindahan ini biasanya disesuaikan dengan arah mata angin pada rumah baru.

Anda bisa mengecek terlebih dahulu rumah baru tersebut berada pada arah mata angin apa. Untuk mengetahui lebih lanjut, ikuti pembahasan memilih hari baik pindah rumah menurut Islam berikut ini.

Bulan Islam dari Arah Utara

Bila rumah baru Anda menghadap ke arah utara, Anda bisa mempertimbangkan pindah rumah bulan Jumadil Awal, Jumadil Akhir, dan Rabiul Akhir atau bulan Bakdamulud. Karena beberapa masyarakat muslim menganggap ketiga bulan tersebut merupakan bulan bermakna yang mendatangkan keberkahan yang lebih tinggi.

Tidak hanya itu, khususnya untuk bulan Rabiul Akhir/Bakdamulud, bila pindahan pada bulan ini, diyakini akan menerima keberuntungan dan petunjuk baik dari Allah Yang Maha Esa.

Bulan Islam dari Arah Timur

Bila rumah baru yang Anda tempati di arah mata angin timur, Anda bisa memilih hari baik pindah rumah menurut Islam di bulan Rajab, bulan Sya’ban atau Ruwah, dan bulan Ramadhan atau bulan Puasa. Bila Anda pindah rumah pada ketiga bulan di atas, beberapa orang meyakini dapat terhindar dari berbagai kesialan.

Tidak hanya itu, pindah rumah di bulan Ruwah atau Sya’ban akan mendatangkan rezeki dan keberkahan yang melimpah untuk Anda dan keluarga. Selain itu, Anda juga akan dihormati, disegani, hingga mendapatkan kebahagiaan.

Bulan Islam dari Arah Barat

Bila rumah yang akan Anda huni berada di arah mata angin barat. Anda bisa pindahan pada bulan Muharram, Rabiul Awal, dan Safar. Karena beberapa masyarakat dan juga budaya lokal meyakini jika ketiga bulan tersebut dapat mendatangkan kebaikan serta keberkahan untuk manusia.

Bulan Islam dari Arah Selatan

Bila rumah Anda menghadap ke arah selatan, bisa memilih hari baik pindah rumah menurut Islam di bulan Syawal, Dzulhijjah, dan Dzulkaidah. Dalam Islam, ketiga bulan tersebut merupakan bulan besar atau bulan haji.

Bulan haji sudah pasti dipenuhi oleh keberkahan. Ketiga bulan tersebut merupakan musim haji karena tepat dengan pelaksanaan haji serta berbagai ritual Islam lainnya. Misalnya seperti Idul Adha dan qurban.

Pindah rumah di bulan Dzulhijjah akan mendatangkan kehidupan harmonis untuk keluarga yang menempati rumah tersebut. Apabila Anda ingin pindahan di bulan haji, maka banyak orang meyakini bahwa penghuni rumah akan menerima kelimpahan rezeki hingga ketentraman rohani.

Dalam Islam, hari hingga bulan yang baik tidak hanya digunakan untuk pindahan rumah. Bisa juga untuk berbagai kegiatan lainnya, misalnya saja pernikahan.

Jam Baik untuk Pindahan Rumah Menurut Islam

Sama seperti memilih hari baik pindah rumah menurut Islam, dalam Islam sebenarnya juga tidak ada jam atau waktu khusus untuk pindah rumah. Selagi Anda melakukannya dengan niat baik, penuh tanggung jawab, dan mengikuti aturan yang ada di lingkungan serta agama. Anda bisa secara bebas ingin pindahan jam berapapun.

Hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih jam pindahan rumah, caranya dengan memperhatikan kondisi lingkungan sekitar rumah baru. Tentunya hal ini lebih baik untuk dilakukan pada pagi atau siang hari daripada malam hari. Karena bila pindahan di malam hari, kita bisa saja mengganggu kenyamanan tetangga.

Amalan dan Adab Saat Pindah Rumah

Ada amalan yang bisa Anda lakukan saat memilih hari baik pindah rumah menurut Islam. Supaya rumah yang baru dihuni mendapatkan keberkahan dan terhindar dari gangguan jin. Sebagian ulama menganjurkan untuk melaksanakan amalan serta adab masuk rumah.

Mengucapkan salam saat akan memasuki rumah orang lain, rumah sendiri, bahkan rumah baru. Sesuai dengan firman Allah pada Al-Qur’an Surat An-Nur ayat 61. Kemudian membaca Surat Al-Mu’minun ayat 28-29 sebagai berikut:

Memperbanyak sholat dan membaca Al-Qur’an. Setiap umat muslim dianjurkan menghiasi rumah dengan amal ibadah dan ketaatan kepada Allah SWT. Dari Abu Musa, Nabi SWT bersabda:

Memilih hari baik pindah rumah menurut Islam memang tidak terbatas dengan waktu atau hari saja. Hal terpenting adalah niat baik dan rasa tanggung jawab, semoga Allah memberikan keberkahan dan kebahagiaan di rumah baru. 

+ artikel

K.H Afifuddien Rohaly, Lc., S.H., M.M. adalah seorang cendekiawan Islam yang memiliki pendidikan formal dan non-formal yang luas serta pengalaman kerja yang beragam di berbagai bidang, termasuk pendidikan, keagamaan, dan manajemen. Beliau juga memiliki sertifikasi dalam berbagai bidang seperti kaligrafi, manajemen, dan sumber daya manusia. Dengan latar belakang yang kaya ini, K.H Afifuddien Rohaly berkontribusi dalam pengembangan pendidikan dan dakwah Islam di berbagai negara, menjadikannya figur yang dihormati dalam komunitas Islam internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dibuka Pendaftaran Santri Baru 2023-2024