DAFTAR SEKARANG

Cara Islami Agar Anak Cepat Bicara, Amalkan 2 Doa dan Tips Ini

Cara Islami Agar Anak Cepa Bicara

Daftar Isi

Cara Islami agar anak cepat bicara perlu diamalkan oleh para pasangan suami istri yang memiliki anak dengan usia cukup namun masih belum lancar berbicara.

Dengan cara ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk menghindarkan buah hati dari keterlambatan berbicara. Seperti yang kita tahu bahwa bayi akan mulai mengoceh sejak usia 4 hingga 6 bulan.

Selanjutnya pada usia 12 bulan, ocehan tersebut akan terdengar lebih jelas layaknya ucapan. Namun apabila anak telah memasuki usia dimana seharusnya ia sudah lancar berbicara, akan tetapi hal tersebut tidak terjadi, maka orang tua pun kerap merasa cemas.

Banyak cara yang dilakukan agar sang buah hati segera dapat berbicara. Salah satunya adalah dengan mengamalkan berbagai cara Islami supaya buah hati lancar berbicara.

Cara Islami Agar Anak Cepa Bicara
blog.hautehijab.com

Amalkan Cara Islami Agar Anak Cepat Bicara

Tumbuh kembang masing-masing anak memang berbeda. Akan tetapi apabila perkembangan anak terasa cukup lambat bahkan di usia yang seharusnya, maka para orangtua harus waspada.

Salah satu contohnya adalah pada anak usia 3 tahun yang masih kesulitan berbicara. Keterlambatan tersebut dapat terjadi karena beberapa faktor. Oleh karena itu, para orang tua disarankan untuk melakukan pengecekan kesehatan anak ke dokter.

Orangtua harus senantiasa menstimulasi anak melalui asupan makanan ataupun percakapan. Akan tetapi selain usaha lahir, orang tua juga perlu melakukan usaha batin yakni dengan senantiasa memanjatkan doa kepada Allah SWT. Cara Islami agar anak cepat bicara penting diamalkan, dan Insha Allah buah hati pun dapat berkembang secara normal.

1. Doa Supaya Anak Cepat Bicara

Cara Islami agar anak cepat bicara yang pertama ialah dengan memanjatkan doa. Sebenarnya tidak ada doa khusus yang diajarkan oleh Rasulullah SAW supaya anak bisa segera lancar berbicara.

Hanya saja, orang tua dapat meminta supaya diberikan kelancaran dalam berucap pada buah hati melalui lantunan doa yang termaktub dalam QS Thaha: 25-28:

Rabbisyrahli shadrii Wa Yassirlii Amrii, Wahlul ‘uqdatammillisaanii Yafqohuu Qoulii

Yang artinya, Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku. Dan mudahkanlah untukku urusanku. Dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku. Supaya mereka mengerti perkataanku.

Selain doa di atas, orang tua juga dapat memohon diberi kemudahan atas kesulitan yang dialami dengan memanjatkan doa yang diajarkan oleh Baginda Rasulullah SAW. Adapun bacaan doa tersebut adalah.

Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa.

Yang artinya: Ya Allah tiada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau menjadikan kesulitan (kesedihan), apabila Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.

Setiap doa yang selalu dipanjatkan tentu akan memberikan manfaat, termasuk juga dengan bacaan doa kelancaran berbicara di atas. Beberapa manfaat yang diperoleh setelah melafalkan doa tersebut diantaranya akan menjadi lebih percaya diri.

Selain itu, lisan akan diberi kemudahan dalam mengucapkan setiap kalimat. Selanjutnya, melalui lafal doa di atas dapat dibaca sesering mungkin setiap selesai sholat fardhu ataupun sholat sunah. Alangkah baiknya apabila doa tersebut diiringi dengan membacakan Asmaul Husna.

Cara Lain Agar Anak Cepat Berbicara

Selain dengan cara Islami agar anak cepat bicara melalui beberapa doa, Anda juga dapat menstimulasi anak dengan beberapa cara berikut:

1. Ajar Anak Bermain dan Membaca

Selain membacakan doa, tips lain yang dapat dilakukan agar anak bisa cepat berbicara adalah dengan mengajaknya belajar sambil bermain. Tahukah Anda bahwa bermain merupakan salah satu cara yang cukup ampuh untuk merangsang anak bicara.

Dalam hal ini orangtua dapat membacakan buku cerita menarik seperti dongeng atau berbagai jenis cerita lainnya sebelum tidur atau saat waktu luang.

Ketika anak sudah mulai bosan,maka Anda dapat mengajaknya untuk bermain dengan gambar-gambar pada puzzle, flash card, atau berbagai jenis benda lain yang mempunyai bentuk serta gambar menarik.

Selain itu, anak juga dapat diajak memainkan jenis permainan lain seperti tebak-tebakkan. Melalui permainan ini Anda dapat menanyakan dimana letak mata, hidung, mulut atau telinga.

2. Ajak Anak untuk Bersosialisasi

Terdapat banyak faktor yang menyebabkan anak menjadi terlambat bicara. Salah satunya adalah anak yang kurang bersosialisasi sehingga anak menjadi pemalu dan takut untuk bertemu dengan orang baru yang jarang mereka jumpai.

Maka dari itu, Anda sebagai orang tua harus sering mengajak anak untuk bersosialisasi dengan lingkungan luar rumahnya. Anda dapat mengenalkan si kecil dengan teman-teman sebayanya.

Selanjutnya buah hati Anda akan belajar dari anak lain. Baik dari segi bermain, berbicara serta berinteraksi. Hal ini dapat menjadi salah satu cara terapi anak yang mengalami lambat bicara.

Masih banyak lagi hal-hal penting lain yang dapat Anda lakukan untuk membuat agar lebih cepat berbicara. Dengan menerapkan tips-tips di atas serta selalu melafalkan doa sebagai cara Islami agar anak cepat bicara maka buah hati pun dapat berbicara dengan baik sesuai dengan usianya.

+ artikel

K.H Fitri Priyanto, Lc., M.M., adalah seorang pendidik dan penceramah Islam yang berpengalaman dengan latar belakang pendidikan dari Indonesia dan Yaman. Dia telah menjadi pemateri di berbagai stasiun radio, pengajar di perguruan tinggi Islam, serta terlibat dalam kegiatan dakwah dan kemanusiaan. Sebagai pengasuh Ponpes Al Muyassar Boarding School, ia mendedikasikan dirinya untuk mendidik generasi muda dalam ajaran Islam. Fitri Priyanto juga memiliki pengalaman dalam pengelolaan yayasan dan lembaga pendidikan Islam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dibuka Pendaftaran Santri Baru 2023-2024