DAFTAR SEKARANG

5 Cara Mengusir Ular dari Rumah Menurut Islam serta Doanya

Cara Mengusir Ular dari Rumah Menurut Islam

Daftar Isi

Cara mengusir ular dari rumah menurut Islam perlu Anda ketahui. Bahkan bisa juga Anda mengamalkan doa mengusir ular saat bertemu binatang buat masuk ke rumah Anda. Ular sendiri menjadi salah satu hewan yang banyak orang takuti. Hewan melata itu juga terbilang berbahaya manusia sebab berbagai jenisnya mempunyai bisa yang mematikan.

Tidak heran jika keberadaan ular di sekitar Anda kerap kali membuat orang merasa ketakutan. Terlebih lagi jika hewan itu sampai masuk ke dalam rumah Anda. Namun, terdapat berbagai langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengusir ular ketika masuk dalam rumah.

Bukan hanya memanfaatkan alat-alat yang dapat Anda pakai untuk mengusir ular dari rumah. Namun Anda juga bisa membacakan doa untuk memohon perlindungan pada Allah Ta’ala.

Cara Mengusir Ular dari Rumah Menurut Islam
freepik.com

Beberapa Cara Mengusir Ular dari Rumah Menurut Islam

Penting sekali untuk Anda ketahui bagaimana cara mengusir ular dari rumah menurut Islam supaya bisa melakukan penanganan secara tepat.

Memanggil Bantuan

Anda bisa memanggil bantuan apabila terlalu takut untuk bisa mengeluarkan ular dari dalam rumah. Anda dapat memanggil bantuan pemadam kebakaran. Bukan hanya efektif, namun cara tersebut juga tidak akan membahayakan keselamatan jiwa sebab akan ditangani dengan profesional.

Menggiring Menggunakan Alat Pelindung

Anda bisa menggiring ular menggunakan kardus atau alat pelindung lainnya. Apabila ular masuk ke dalam rumah merupakan jenis yang bukan memiliki bisa, maka Anda bisa mengusirnya memakai selembar sapu, kardus, atau sejumlah barang lainnya.

Cara mengusir ular dari rumah menurut Islam tersebut, buka pintu rumah serta gunakan selembar kardus atau menggunakan karton. Alat tersebut bisa Anda gunakan untuk menggiring ular keluar dari rumah dengan perlahan. Bisa juga mengurung ular memakai ember serta menyisipkan sejumlah lembaran kardus atau karton untuk di bawahnya. Setelah Anda pastikan ular terkurung, maka Anda bisa menggeser ember serta karton dengan perlahan untuk keluar rumah.

Menggunakan Asap

Ular mempunyai indera penciuman yang tajam, bahkan sangat sensitif pada bau. Salah satu bau yang tidak ular sukai yaitu asap. Anda bisa mengusir ular dengan menggunakan asap untuk Anda arahkan ke persembunyian ular.

Menggunakan Perangkap

Apabila Anda akan mencoba untuk membuat perangkap ular sendiri, maka Anda bisa meletakkan tempat sampah untuk di rumah dengan terbalik. Bisa juga menggunakan perangkap ular yang dapat Anda beli di toko. Akan tetapi, setelah itu bisa Anda pastikan untuk melepas ular yang terjerat dalam perangkap di tempat yang aman serta jauh dari tempat tinggal Anda.

Menyingkirkan Sumber Makanan

Cara mengusir ular dari rumah menurut Islam berikutnya bisa menyingkirkan sumber makanan ular. Ular seperti pengerat lainnya yang bisa datang karena terdapat sumber makanan. Antara lainnya tikus, katak, burung, serta ikan. Maka, Anda bisa menyingkirkan atau mengendalikan hewan-hewan yang menjadi makanan ular di rumah Anda.

Doa Mengusir Ular

Saat ular masuk ke dalam rumah Anda, dapat dikarenakan oleh sejumlah faktor. Adapun salah satunya yaitu sebab lokasi rumah Anda yang bersebelahan dengan alam bebas. Antara lain seperti sawah, rawa, sungai, hutan, atau kebun.

Bukan hanya itu saja, adanya pergantian cuaca juga dapat membuat hewan melata tersebut menari tempat baru untuk berlindung. Dengan begitu, penting sekali untuk mengetahui cara mengusir ular dari rumah menurut Islam dan doa yang bisa Anda amalkan. Doa tersebut antara lainnya sebagai berikut.

Doa Meminta Perlindungan dari Marabahaya Binatang Buas serta Berbisa

Bukan hanya itu, umat Islam juga dapat memohon perlindungan kepada Allah Ta’ala agar terhindar dari bahaya binatang yang berbisa dan buas. Untuk itu berikut ini doa yang bisa Anda amalkan selain melakukan cara mengusir ular dari rumah menurut Islam.

Mengenai doa tersebut, terdapat sebagian besar ulama mengatakan bahwa jika bertemu dengan binatang buas. Misalnya ular atau kalajengking, sebaiknya membaca Quran Surah Ash Shaffat ayat 79.

Hukum Membunuh Ular

Ular menjadi salah satu hewan melata yang kerap kali Anda Temukan di hutan, sawah, dan bisa Anda bunuh. Pada umumnya, ular tergolong hewan yang diperintahkan untuk Anda bunuh. Dari hadist-hadist yang ada tentang ular, para ulama telah membagi ular dalam dua kategori. Antara lainnya sebagai berikut.

Ular yang berada di luar rumah. Misalnya padang pasir, kebun, sawah atau hutan. Kemudian ular yang berada di dalam rumah.

Para ulama telah menyepakati bahwa membunuh ular yang masih hidup berada di luar rumah mempunyai syariat yang mutlak. Kesepakatan mengenai bolehnya membunuh ular jenis tersebut telah disampaikan oleh banyak ulama.

Dari pendapat para ulama, terlihat terdapat pendapat yang kuat yaitu keharusan dalam mengusir serta memperingatkan ular yang berada di dalam rumah sebelum Anda akan membunuhnya. Terkecuali, dua jenis ular yakni ular yang mempunyai ekor pendek serta yang berbisa juga mempunyai dua garis yang berada di punggungnya.

Itulah cara mengusir ular dari rumah menurut Islam dan do’anya. Anda bisa mengamalkannya jika suatu hari nanti menemukan ular di rumah Anda.

+ artikel

K.H Syaefudin, M.Pd.I adalah seorang ulama yang telah mendalami pendidikan formal dan non-formal dalam agama Islam. Dengan pengalaman beragam, seperti menjadi pemimpin pondok pesantren, pengajar, dan pembimbing haji, ia telah berkontribusi dalam menyebarkan ajaran Islam serta mendidik generasi muda. Selain itu, K.H Syaefudin juga memiliki pengalaman dalam media dan dakwah, menjadikannya sosok yang berperan penting dalam pengembangan keilmuan Islam dan pendidikan agama di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dibuka Pendaftaran Santri Baru 2023-2024