DAFTAR SEKARANG

7 Adab dan Keutamaan Berdoa Sesuai dengan Ajaran Islam

7 Adab dan Keutamaan Berdoa Sesuai dengan Ajaran Islam

Daftar Isi

Adab dan keutamaan berdoa menjadi salah satu hal penting yang harus kita perhatikan. Adab dalam berdoa tidak boleh kita lakukan secara asal-asalan, agar Allah SWT mengabulkannya.

Doa yang selalu kita panjatkan setiap hari, akan mendatangkan banyak keutamaan. Baik itu keutamaan di dunia maupun akhirat.

7 Adab dan Keutamaan Berdoa Sesuai dengan Ajaran Islam
pexels.com

Adab dan Keutamaan Berdoa yang Wajib Dipahami

Ada beberapa adab ketika memanjatkan doa beserta keutamaan yang bisa kita dapatkan. Berikut ini ulasan adab dan keutamaan berdoa selengkapnya.

1. Menghadap Kiblat

Pertama, menghadap kiblat. Seperti dalam sholat, menghadap kiblat juga dianjurkan ketika berdoa. Hal ini membantu kita merasa lebih khusyuk dan terhubung secara spiritual.

2. Menengadahkan Tangan

Kedua, menengadahkan tangan. Menengadahkan tangan, khususnya telapak tangan, adalah adab yang penting dalam berdoa. Adab berdoa ini menunjukkan tanda kerendahan hati dan keterbukaan saat memohon kepada Allah SWT.

3. Memuji Asma Allah SWT

Doa seharusnya dimulai dengan pujian kepada Allah SWT. Untuk melakukan ini, kita dapat mengucapkan dzikir.

Memulai doa dengan memuji Allah, kita mengakui keagungan, keesaan, dan kekuasaan-Nya. Hal ini merupakan wujud penghormatan dan pengakuan bahwa hanya Allah SWT yang mampu mengabulkan doa kita.

4. Sholawat untuk Nabi Muhammad SAW

Selain memuji Allah SWT, adab lainnya saat memulai doa adalah dengan melantunkan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Sholawat merupakan bentuk penghormatan dan kasih sayang kepada Rasulullah, dan sarana untuk mendapatkan cinta dan keberkahan dari Allah SWT.

Rasulullah Muhammad SAW adalah utusan Allah SWT yang diutus untuk mengajarkan tauhid dan membawa ajaran Islam kepada umat manusia. Ia adalah nabi terakhir dalam rangkaian kenabian, sehingga ajaran-ajaran Islam tidak dapat dikenal dan diikuti tanpa perantaraan Rasulullah.

5. Menjaga Suara Rendah dan Lembut

Adab berdoa selanjutnya yakni menjaga suara rendah dan lembut. Ketika berdoa, hendaknya kita berbicara dengan suara yang lembut, tidak perlu keras. Suara yang rendah dan penuh harap menunjukkan kerendahan hati dan keyakinan bahwa Allah akan mengabulkan doa kita.

6. Bersungguh-Sungguh

Dalam berdoa, ada adab yang perlu diperhatikan agar doa kita diterima dengan baik oleh Allah SWT. Itulah mengapa, kita harus berdoalah dengan sungguh-sungguh.

Doa seharusnya tidak dilakukan secara asal-asalan atau iseng. Kita perlu bersungguh-sungguh, menunjukkan keseriusan dan keyakinan dalam hati saat memohon kepada Allah.

7. Berdoa dengan Ikhlas

Ikhlas berarti berdoa dengan tulus hati, bukan karena tekanan atau kepentingan pribadi. Berserah diri sepenuhnya kepada Allah adalah kunci untuk mendapatkan doa yang diijabah.

Waktu-Waktu Terbaik untuk Memanjatkan Doa

Selain adab dan keutamaan berdoa, penting bagi umat muslim untuk memahami bahwa doa bisa dipanjatkan kapan saja. Namun, ada beberapa waktu yang dianggap lebih mustajab atau dianjurkan untuk memohon kepada Allah. Beberapa waktu terbaik untuk memanjatkan doa antara lain.

Sepertiga Malam: Waktu ini, ketika kebanyakan orang sedang tidur, Allah lebih dekat dengan hamba-Nya. Memanjatkan doa di sepertiga malam merupakan amalan yang sangat dianjurkan.

  • Saat Hujan: Saat hujan turun, doa dianggap lebih mustajab karena rahmat Allah sedang melimpah.
  • Hari Jumat: Doa yang dipanjatkan pada hari Jumat, terutama saat khutbah, juga memiliki keutamaan tersendiri.
  • Antara Adzan dan Iqomah: Waktu antara adzan dan iqomah saat sebelum sholat juga merupakan waktu mustajab untuk memanjatkan doa.
  • Sesudah Sholat: Setelah menunaikan sholat, kita dianjurkan untuk memanjatkan doa karena dalam keadaan bersujud, kita lebih dekat dengan Allah.

Keutamaan Memanjatkan Doa

Adab dan keutamaan berdoa adalah satu kesatuan yang tidak boleh kita pisahkan. Ketika berdoa dengan adab yang baik sesuai ajaran Rasulullah SAW, maka kita akan dilimpahkan keutamaan dan mendapatkan banyak manfaat.

Doa adalah praktek penting dalam agama Islam yang membawa berbagai keutamaan bagi orang-orang yang melakukannya. Beberapa keutamaan doa yang perlu kita pahami meliputi.

  1. Doa adalah senjata mukmin: Doa adalah senjata bagi orang-orang mukmin. Saat kita berdoa, kita menghadapkan hati kita kepada Allah dengan penuh keyakinan dan keikhlasan.
  2. Doa adalah dzikir: Setiap kali kita berdoa, hal itu juga dihitung sebagai bentuk dzikir kepada Allah SWT. Doa memiliki kekuatan untuk mengobati jiwa, menghilangkan kesusahan, dan menjauhkan kita dari dosa.
  3. Pengampunan Allah: Melalui doa, kita bisa memohon pengampunan Allah atas dosa-dosa kita. Hal ini memberikan kedamaian dan ketenangan jiwa.
  4. Mengingat Allah: Berdoa adalah cara untuk selalu mengingat Allah. Orang yang rajin berdoa selalu memiliki kesadaran akan Allah, dan Allah juga mengingat hamba-Nya yang berdoa.
  5. Keutamaan doa ini menunjukkan pentingnya berdoa dalam kehidupan seorang Muslim. Melalui doa, kita dapat mendekatkan diri kepada Allah, mencari petunjuk-Nya, dan memohon perlindungan serta keberkahan dalam segala aspek kehidupan.

Itulah tadi penjelasan singkat tentang adab dan keutamaan berdoa yang wajib kita ketahui. Dengan memahaminya, semoga kita senantiasa berdoa kepada Allah SWT kapan pun dan dimana saja.

+ artikel

K.H Afifuddien Rohaly, Lc., S.H., M.M. adalah seorang cendekiawan Islam yang memiliki pendidikan formal dan non-formal yang luas serta pengalaman kerja yang beragam di berbagai bidang, termasuk pendidikan, keagamaan, dan manajemen. Beliau juga memiliki sertifikasi dalam berbagai bidang seperti kaligrafi, manajemen, dan sumber daya manusia. Dengan latar belakang yang kaya ini, K.H Afifuddien Rohaly berkontribusi dalam pengembangan pendidikan dan dakwah Islam di berbagai negara, menjadikannya figur yang dihormati dalam komunitas Islam internasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dibuka Pendaftaran Santri Baru 2023-2024