DAFTAR SEKARANG

Mengusir Tokek di Rumah Menurut Islam Paling Mudah

Mengusir Tokek di Rumah Menurut Islam

Daftar Isi

Cara mengusir tokek di rumah menurut Islam bisa dilakukan dengan sangat mudah tanpa harus membuat Anda kesusahan dan takut di gigit. Tokek bisa membuat ruangan menjadi kotor karena kotorannya. Karena itu, Anda harus bisa mengetahui cara untuk mengusir tokek tersebut.

Dalam Islam, tokek memiliki kedudukan yang sama dengan cicak sehingga diharamkan. Dengan begitu jika bertemu dengan tokek sebaiknya diusir atau dibunuh.

tipe-tipe tokek
source: reptilefact.com

Namun sayangnya tokek sulit untuk diusir, sehingga Anda harus berusaha ekstra untuk mengurai tokek dari rumah.

Dalam Islam sendiri ada cara yang lebih mudah untuk memudahkan seseorang untuk mengusir tokek dari dalam rumah. Nah, jika Anda ingin mengusir tokek dari rumah dengan cara mudah, maka Anda bisa membaca artikel ini hingga Akhir.

Berbagai Cara Mengusir Tokek di Rumah Menurut Islam

Mengusir Tokek di Rumah Menurut Islam
Flickr.com

Anda tahu tokek? Tokek adalah hewan merayap yang mirip dengan cicak. Tokek memiliki suara yang nyaring dan memiliki kotoran yang lebih besar dari cicak.

Karena itu jika tokek ada di dalam rumah, maka akan lebih baik untuk Anda usir saja.

Sama halnya dengan cicak, tokek juga diharamkan dalam Islam. Namun, untuk mengusir tokek sangat sulit. Apalagi jika sembarangan memegang, tokek bisa menggigit.

Karena itu, kami akan memberikan beberapa cara mengusir hewan tokek di rumah menurut Islam.

Dalam H.R Muslim juga sudah ada penjelasan kalau tokek sebaiknya dibuang atau disingkirkan dari rumah.

Karena dahulu tokek itu pernah meniup-niupkan api kepada Ibrahim,”

karena itu Rasulullah SAW memerintahkan untuk membunuh tokek atau Anda perlu mengusirnya dengan cara yang aman.

Cairan Pengusir Nyamuk

Anda bisa mengusir tokek juga menggunakan cairan pengusir nyamuk. Untuk menggunakannya, Anda cukup mengoleskan atau menyemprotkan ke tempat yang sering dilewati tokek. Ada baiknya juga menyemprotkan di tempat tokek tinggal.

Cairan seperti ini sangat bermanfaat karena tokek tidak menyukai wewangian menyengat. Selain cairan, Anda juga bisa memanfaatkan lotion pengusir nyamuk. Anda bisa mendapatkan kedua bahan tersebut dengan mudah, jadi jangan khawatir.

Menurunkan Suhu Ruangan

Tokek adalah salah satu jenis hewan reptil tahan dengan suhu panas ruangan. Meski begitu, ternyata tokek tidak tahan dengan suhu dingin. Karena itu menjaga suhu ruangan tetap dingin adalah cara terbaik untuk mengusir tokek.

Untuk menurunkan suhu ruangan, Anda bisa memanfaat kipas angin atau AC. Jika ingin hemat energi Anda bisa membuka jendela dan pintu.

Sering Membersihkan Rumah

Dalam Islam menjaga kebersihan rumah adalah hal yang penting. Hal ini tentu memberikan banyak manfaat, salah satunya mencegah hewan masuk rumah.

Jika rumah dalam kondisi kotor, maka akan membuat beberapa serangga kecil masuk. Serangga tersebut merupakan makanan bagi tokek. Karena itu, salah satu cara mengusir tokek di rumah menurut Islam, Anda perlu membersihkan rumah. Sehingga dengan begitu, tokek ataupun serangga lainnya tidak akan bersarang di rumah Anda.

Pasang Lampu Terang

Karena tokek mirip dengan cicak, maka hewan tersebut akan sering bersarang di langit-langit ruangan. Untuk mengusirnya Anda bisa menyalakan lampu terang. Hal ini karena tokek cukup sensitif terhadap cahaya terang.

Untuk melakukannya Anda bisa memasang lampu di area tokek sering muncul. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan senter untuk mengusir tokek saat tiba-tiba berbunyi.

Buat Suara Bising

Suara bising juga bisa menjadi alternatif untuk mengusir tokek. Jika Anda sudah menggunakan banyak cara tapi tetap tidak bisa mengusir tokek, maka Anda bisa memukul beberapa benda yang nyaring. Dengan memukul benda nyaring, maka bisa membuat tokek terganggu dan akhirnya pergi dari rumah.

Menggunakan Air Merica

Untuk cara mengusir tokek di rumah menurut Islam selanjutnya, Anda bisa menggunakan air merica. Untuk menggunakannya mudah, Anda hanya perlu mencampur air dengan merica dan menggunakan semprotan bekas parfum atau jenis botol semprotan lainnya.

Karen merica memiliki aroma pedas dapat membuat tokek merasa kepanasan. Anda juga bisa menggunakan campuran lain seperti cabai bubuk atau bawang merah.

Menggunakan Bulu Burung Merak

Cara mengusir tokek di rumah menurut Islam ini terbilang unik, namun memang sudah dibuktikan banyak orang. Untuk melakukannya Anda hanya perlu menggunakan beberapa helai bulu burung merak.

Anda cukup menempel bulu di tempat yang sering dilalui tokek. Menariknya, tokek takut dengan bulu merak karena bulu merak memiliki corak yang mirip mata predator sehingga membuat tokek takut.

Membuat Air Garam

Cara mengusir tokek di rumah menurut Islam berikutnya cukup dengan air garam. Air garam bisa memberikan reaksi dengan cepat sehingga membuat tokek tidak nyaman. Anda hanya perlu menyiapkan semprotan dan campuran air dengan garam. Jika Anda melihat tokek maka tinggal menyemprotkan larutan tersebut ke tubuh tokek.

Gunakan Kulit Jeruk

Jeruk adalah buah yang kaya akan vitamin C yang melimpah dengan aroma yang segar. Ternyata kulit buah ini juga memiliki manfaat yang berguna untuk mengusir tokek yang ada di dalam rumah.

Anda cukup menempelkan remasan kulit jeruk di dinding yang sering dilewati tokek. Beberapa saat kemudian tokek akan menghindari area tersebut.

Itulah beberapa cara mengusir tokek di rumah menurut Islam yang bisa Anda terapkan. Cara-cara tersebut terbilang mudah dengan menggunakan bahan yang bisa Anda temukan di dalam rumah. Namun, ada baiknya seperti yang Islam ajarkan, membunuh tokek harus dengan cara yang baik dan tidak boleh menyiksa.

+ artikel

K.H Fitri Priyanto, Lc., M.M., adalah seorang pendidik dan penceramah Islam yang berpengalaman dengan latar belakang pendidikan dari Indonesia dan Yaman. Dia telah menjadi pemateri di berbagai stasiun radio, pengajar di perguruan tinggi Islam, serta terlibat dalam kegiatan dakwah dan kemanusiaan. Sebagai pengasuh Ponpes Al Muyassar Boarding School, ia mendedikasikan dirinya untuk mendidik generasi muda dalam ajaran Islam. Fitri Priyanto juga memiliki pengalaman dalam pengelolaan yayasan dan lembaga pendidikan Islam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dibuka Pendaftaran Santri Baru 2023-2024